ObokObok


Hanya ingin berbagi cerita...

Di dekat kosan saya ada penjual kacang rebus. Biasa aja sih. Istemawanya adalah yang menjual kacang rebus tersebut adalah sepasang suami istri yan usianya sudah tak lagi muda. Sepertinya usai mereka lebih tua dari nenek saya (sotoy). Biasanya mereka menjual dari ba'da maghrib sampai jam delapanan malam lah. Pernah suatu hari saya melihat hanya si nenek yang berjualan kadang juga hanya si kakek yang jualan. Tapi seringnya sih mereka jualan bareng (so sweet kan, apa dah..-_-). Suatu hari salah satu teman kos saya pernah menanyakan kepada si kakek saat si kakek hanya berjualan seorang diri terus katanya sih si nenek lagi pengajian. Keren ya...





Nah kita para penghuni kos yang isinya cuma empat orang dan semuanya adalah mahasiswa baru seperti tergerak hati kita semua untuk selalu membeli kacang rebus ke mbah-mbah tadi, walau kadang tak benar-benar ingin membeli. Rasanya senang aja kalo bisa beli, jadi kadang saya ga beli makan malam dan diganti sama kacang rebus(curhat). Kadang kita ketawa geli sendiri sih kok kita beli terus ya..ini doyan opo doyan..Gapopolah itung-itung bantu. 

Pernah suatu hari ketika saya pulang dari kampus pas itu jam delapan malam lah kurang lebih dan saya saat itu pengen banget beli putu ayu nah pas di situ saya melihat sepasang nenek kakek tadi kayaknya menuju perjalanan pulang gitu deh (sotoy abis =D) nah pas lihat jualannya ternyata masih sisa banyak. Kasihan deh mbahnya, pengen rasanya beli tapi apadaya saya hanya anak kosan yang uang jajannya terbatas dengan status maba yang masih banyak tanggungan biaya untuk ospek mahasiswa (kok jadi saya yang curhat).

 Terus pernah juga pas itu pulang malam juga liat mbah-mbahnya lagi nyebrang gitu. Wuih itu horor abis. Mereka yang nyebrang saya yang ga ikut nyebrang ikut deg-degan. Menurut saya cara menyebrang mereka lain dari yang lain. Jadi mereka kayak bikin semacam tanda gitu buat para pengguna jalan menunjukkan iniloh saya lagi nyebrang, sabar ya...maklum kita sudah tua dan gak bisa jalan cepat lagi seperti dulu. Kira-kira seperti itulah menafsirkan tanda yang dibuat dan dibawa oleh mereka (sotoy parah -_-). Oh ya sampai lupa, jadi tanda yang mereka buat itu terbuat dari kayu atau bambu (saya sendiri kurang begitu jelas) terus ada kresek merah gitu yang diikatkan ke kayu tersebut jadi kalo nyebrang kan kreseknya jadi melembung gitu (melembung itu bener ga ya bahasa indonesia, kok kayak.e ga yo..mengembang gitu deh poko.nya) jadi kan para pengguna jalan pasti tahu deh kalo ada orang yang mau nyebrang.

Kadang kita ga perlu kata "butuh" atau berpikir panjang untuk memutuskan beli ga ya, terus kita mikir lagi tapi lagi ga butuh nih..tapi kasihan,,kalo kaya gitu mending dibeli aja itung-itung bantu lah daripada uangnya hanya dibelanjakan di mal saja. Mosok kita sayang sama uang yang tak seberapa untuk membeli barang-yang-tak-kita-butuhkan untuk orang-yang-membutuhkan, tapi kita biasa-biasa aja kalo ngeluarin uang untuk beli sesuatu di mal misalnya. Saya kira-kira orang-orang seperti mbah-mbah tadi lebih keren dari para pengemis dan pengamen dan semisalnya karena mereka(mbah-mbah) tidak memanfaatkan 'keadaan ' mereka untuk meminta-minta tapi masih mau berusah dan bekerja untuk memenuhi kebutuhannya. Jadi malu sendiri karena diri ini masih minta uang jajan ke orangtua...

Categories: ,

Leave a Reply